PASAR KUE SUBUH BINTARO

Bagi para penikmat kuliner yang ingin mencicipi cita rasa kue tradisional yang menjadi ciri khas dari setiap daerah di wilayah nusantara, mungkin Pasar kue subuh di bintaro bisa menjadi alternatif.

Pasar kue subuh di Bintaro, sayangnya hanya dibuka  hari Sabtu dan Minggu, sekitar
jam 6.00 – 8.00/8.30.

Lokasinya adalah di Bintaro Trade Centre ( BTC ), depan Carefour Bintaro
(d/h Alfa supermarket )

Harga variasi, antara 1500-2500, tergantung jenisnya.

Kue Subuh” hadir karena demand atas  suplai yang muncul karena adanya kebutuhan. Kendati Jakarta menyandang predikat kota metropolitan, sebagian besar masyarakat yang tinggal di Ibu Kota adalah orang yang tak pernah lepas dari tradisi. Penduduk kota memiliki beragam acara—lamaran pernikahan, nujuh bulan, arisan, temu keluarga, pesta ulang tahun dan pengajian—yang memerlukan penganan. Irama kehidupan yang menuntut berbagai kemudahan di tengah kesibukan, membuat warga Jakarta tidak lagi punya waktu untuk memasak sendiri penganan di dapur. Itulah yang memungkinkan usaha “Kue Subuh” tumbuh.
kue tampah

Mungkin bagi sebagian para penikmat kuliner faktor harga yang dirasa murah menjadi terlalu biasa dari segi rasa, tapi hal tersebut tidak menjadikan bahwa pasar kue disini sepi, malahan dengan banyaknya variasi kue yang ditawarkan membuat banyak customer di sini menjadi pilihan bagi mereka yang kangen kue tradisional.
Citarasa masing-masing kue tradisional juga sangat nikmat. Tak heran, banyak yang menggemari kue tradisional baik masyarakat Indonesia maupun turis mancanegara. Baik itu dimakan sebagai penutup setelah makan, atau sebagai teman minum teh di sore hari nan tenang.
Selain di Bintaro, ada alternatif lain tempat wisata kuliner alternatif,  jalan 8 km lebih ke belakang, ke Pasar Modern BSD, Di Pasmo.

Di Pasmo ada banyak kue basah, mau yang jajan pasar ala jawa (lemper,
gethuk, kelepon),  Manado (apam, cucur, panada), jajan pasar ala Bangka
(talam, wajik, jongkong, pia dll), ala Pontianak (liuk theu son, sari kacang
ijo, talas goreng, pisang goreng ponti), ala Medan (ci cong fan, cakwe),
atau kue-kue jajanan yang termasuk golongan umum (gandasturi, singkong
goreng, lunpia) dll. Hampir mewakili banyak daerah di Indonesia.
Harga per potong agak mahal dibanding di pasar ‘subuh’ tapi rasanya lebih guriHHH.

NB: menurut saya yang cukup enak di Bintaro kalau pagi adalah nasi liwet
‘Keprabon’ di belakang McD. Kadang-kadang kalau lagi kepegin, selesai dari
misa pagi saya sekeluarga meluncur ke belakang McD khusus makan nasi liwet
ini. Meski di Pasmo ada juga nasi liwet tapi kami memilih yang jauh.

Ada apa saja sih di kue subuh bintaro ini? Ada lemang, pukis, tape, kue lapis, brownies, aneka roti dan cake, juga kue-kue basah khas Indonesia lain yang menggugah selera. Ada yang dijual satuan, dibungkus plastik, per porsi, dus kecil, hingga dus besar. Tak hanya itu, ada pula kue-kue basah yang disusun cantik, yang biasa dijadikan seserahan atau sajian dalam berbagai acara.
kue pia
Tentu saja banyak orang yang datang ke tempat ini tanpa sarapan terlebih dahulu. Jangan biarkan perut keroncongan. Di salah satu sisi terdapat sekelompok pedagang dengan gerobak. Pilihan Anda antara lain mie ayam, nasi gule, bakso, soto mie. Ingin yang lebih tradisional? Anda dapat mencoba gudeg Yogya Ibu Laminten. Di situ juga dijual ayam goreng Kalasan yang ramai diminati pembeli.

Ada beberapa pedagang yang menyediakan lauk pauk, seperti berbagai oseng, semur jengkol, buntil, dan lain-lain. Ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot-repot memasak terutama pada akhir pekan. Hanya tinggal menanak nasi dan membeli berbagai lauk pauk di pasar ini, Anda dapat menggunakan sisa akhir pekan untuk bersantai.

Setelah aktivitas jalan-jalan serta berkeliling, ANDA bisa juga mampir untuk minum jamu gendong yang juga tersedia di sekitar pasar ini.

Selain di kawasan Bintaro, Kue Subuh bisa anda jumpai di Blok M Square, dan di kawasan Pasar Senen

Selamat belanja bu.kue subuh senen jalan jalan